Tanaman Harum Pengusir Nyamuk

Temans, Nyamuk adalah makhluk ciptaan Tuhan Allah Subhanahuwata'ala tentu punya tujuan atas penciptaan nyamuk.

Banyak orang bertanya-tanya apa tujuan diciptakan nyamuk? Padahal nyamuk sangat berperan menjadi penyakit bagi manusia contohnya demam berdarah, malaria, kaki gajah dan lain-lain.

Tetapi kita harus yakin keberadaan nyamuk pasti ada hikmahnya, oleh sebab itu sebelum membahas tanaman harum pengusir nyamuk, saya akan menyinggung manfaatnya dari nyamuk.

Sebagaimana yang penulis baca di Facebook dengan nama Alhikmahjkt:

BEBERAPA MANFAAT NYAMUK Di bawah ini hanyalah sebagian kecil manfaat dari nyamuk:

1. Larva nyamuk menghasilkan zat Nitrogen yang bermanfaat bagi ekosistem tanaman.

2. Membantu proses penyerbukan tanaman cokelat. Hilangnya spesies nyamuk akan menghambat penyebaran dan penyerbukan cokelat secara alami.

3. Membantu menyebarkan bakteri Patogen.

4. Sebagai rantai makanan spesies lain seperti kodok, cicak, bahkan ikan-ikan kecil seterusnya hingga ikan besar yang rasanya nikmat untuk disantap manusia.

5. Sebagai indikator dini berbagai permasalahan kesehatan manusia. Nyamuk mampu mendeteksi perubahan suhu hingga derajat yang sangat kecil, dan mendeteksi menyedot darah yang berbau asam (asam laktat, asam urat) serta yang berbau kolesterol.

6. Dapat menghisap darah kotor yang merugikan dalam tubuh kita dan tubuh kita secara otomatis akan memproduksi darah baru lengkap dengan hemoglobin yang berkurang tadi. 

7. Dapat menusuk ujung-ujung saraf yang terletak di bawah kulit kita yang berfungsi sebagai pemicu kesehatan tubuh.

8. Terciptanya perusahaan-perusahaan raksasa yang memproduksi jenis-jenis obat nyamuk seperti obat nyamuk bakar, gel, lotion, semprot, elektronik, bahkan sampai penangkal berupa pabrik yang memproduksi kelambu.

9. Terciptanya lapangan pekerjaan penghasil rezeki dan mampu mengurangi pengangguran jutaan orang melalui pabrik obat nyamuk, petugas-petugas penyemprot nyamuk, hingga dokter-dokter, perawat, yang mengobati korban gigitan nyamuk.

10. Memotivasi manusia untuk membuat temuan-temuan baru di bidang IPTEK, seperti obat medis yang mampu membius bagian tubuh sehingga tak terasa ketika ditusuk oleh "jarum" penyedot nyamuk, bahkan "jarum" nyamuk sebenarnya hanyalah sebuah belalai halus namun mampu menembus permukaan kulit, dsb. 

11. Mengurangi populasi mikroorganisme dan bakteri terutama bakteri parasit yang terdapat pada air kotor.

12. Memotivasi manusia untuk hidup bersih, membuat manusia menutup tempat penyimpanan air agar tidak terkotori.

13. Membuat manusia mengenal tidak nyamannya bila merasakan gatal, dan apabila hingga jatuh sakit karena gigitan nyamuk, membuat manusia menyadari betapa berartinya nikmat sehat dan ketika kita menyadari ada yang mati karena gigitan nyamuk kita menjadi semakin menghargai hidup yang diberikan Allah.

14. Memberikan hikmah pembelajaran kepada kita tentang kesabaran dan lemah lembut terhadap tubuh kita dari efek gatal yang di timbulkan oleh gigitan nyamuk.

15. Membawa hikmah janganlah menyakiti atau menyusahkan orang lain dengan menghisap apa yang mereka miliki.

16. Membawa hikmah agar jangan hanya melihat bentuknya yang kecil, namun lihatlah juga dari manfaat besarnya yang tak terlihat.

17. Membawa hikmah akan kekuasaan Allah yang mampu menciptakan hewan yang lebih kecil sekalipun seperti kutu-kutu yang hinggap di atas badan nyamuk, bahkan lebih kecil daripada itu.

18. Mempertebal keimanan pada ke-Agungan Allah dan hinanya manusia agar tidak berlaku sombong, karena sampai kapanpun manusia tidak akan pernah bisa menciptakan mahluk seperti seekor nyamuk, sekalipun seluruh manusia bersatu untuk membuatnya.

19. Menggambarkan betapa Allah sangat membenci kepada manusia kafir hingga Allah tidak mau memberikan kenikmatan yang hakiki pada mereka walau sebesar sayap nyamuk. Hal ini disebutkan dalam hadits: “Seandainya dunia ini di sisi Allah senilai harganya dengan sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum barang seteguk sekalipun kepada orang kafir” (HR. Tirmidzi).

20. Membawa hikmah agar berhusnudzhon kepada Allah, janganlah membunuh nyamuk yang secara kasat mata hanya membawa kerugian bahkan petaka, namun berterima kasihlah kepada Allah dan kepada nyamuk yang telah mengirimkan nyamuk untuk memberikan manfaat kepada kita.

21. Dst...

Pada faktanya, nyamuk adalah pemakan nektar bunga... Betul! Baik itu jantan dan betina. Lalu apa tujuannya nyamuk menghisap darah? Tujuan ini tidak lain adalah dalam rangka kelangsungan proses regenerasi nyamuk. Ya, ketahuilah bahwa yang menghisap darah manusia hanyalah nyamuk betina. Nyamuk betina menghisap darah dengan tujuan mendapatkan manfaat protein untuk tujuan perkembangbiakan. Telur nyamuk membutuhkan protein yang digunakan untuk proses metamorfosa. Ini adalah fitrah yang sudah ditetapkan oleh Allah Ta'ala.

Yuk, kita perhatikan firman Allah yang artinya: "Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: 'Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?'. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik." (QS. Al-Baqarah: 26)

Subhanallah... 😬😬😬😬 Semoga kita bukanlah tergolong orang-orang yang fasik. "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. Ali Imran: 190-191)


Nah demikianlah manfaatnya dari pada penciptaan nyamuk tetapi bukan berarti kita ingin menjadi orang fasik namun perlu kiranya kita juga menjaga kesehatan tubuh kita dari gigitan nyamuk tentunya tanpa harus membunuh nyamuk, sekarang sedang musim tanaman multi fungsi, salah satunya punya kelebihan dalam mengusir nyamuk.

Tentunya kita tahu banyak produk pengusir nyamuk kimia yang beredar dipasar, tapi alangkah senangnya bila kita punya tanaman yang mampu mengusir nyamuk dan sekaligus mengeluarkan aroma yang harum.

Ada beberapa jenis yang bisa menjadi referensi. Beberapa di antaranya tanaman zodia,geranium, lavender, dan serai wangi. 

1. GERANIUM
Geranium lazim ditanam outdoor. Cara penggunaannya sama, yakni dengan menggoyang-goyang helaian daun, atau tertiup oleh angin maupun kipas angin, lalu keluar bau wangi yang khas (agak langu). Bau tersebut berasal dari kandungan yang dimiliki geranium, yakni zat citronella.

Nah, citronella inilah yang mampu mengusir nyamuk. Tanaman geranium (Pelargonium citrosa) tumbuh merumpun, banyak anakan. Daunnya hijau, berbentuk menjangkar (menyerupai jangkar), tepi daun bergerigi. Batangnya banyak mengandung air. Lazimnya diperbanyak dengan menggunakan stek anakan. Tanaman geranium sekurang-kurangnya memiliki tiga varian, yakni Citrosa mosquito fighter, Cirosa queen of lemon, dan Citrosa lady diana. Citrosa mosquito fighter dulu￾dulunya cukup mudah ditemukan di kawasan sekitar Bandung dan Sukabumi.

Tumbuh liar di seputar sawah dan digunakan oleh orang-orang kampung. Daunnya diambil lalu diselipkan di antara pakaian dalam almari.

Khasiatnya mampu mengusir nyamuk dan ngengat, juga memberikan aroma khas. Sekarang, tanaman ini kembali diburu orang, terlebih di zaman dimana pola hidup "kembali ke alam" makin ngetren.

2. LAVENDER
Penampilan bunga lavender memang amat menarik. Bunganya berwarna ungu kecil-kecil. Bunga ini mengeluarkan aroma wangi. Bunga ini sering digosok-gosok ke tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk. Perbanyakan tanaman lavender (Lavandula angustifolia) biasanya dengan menggunakan bijinya. Biji-biji yang tua dan sehat disemaikan. Bila sudah tumbuh, dipindahkan ke polybag.

Ketika tingginya mencapai 15-20 cm, dapat dipindahkan ke dalam pot atau ditanam di halaman rumah. Keberadaan tanaman lavender mengundang para penyuling minyak atsiri untuk menyuling bunganya.

Minyak lavender memang sering dipakai sebagai aromaterapi. Bahkan, di beberapa rumah, minyak lavender ini ditempatkan di ruang tamu.

3. SERAI WANGI
Selama ini, serai wangi dipakai untuk bumbu masak dan bahan pencampur jamu. Namun, ternyata serai wangi terutama batang dan daun bisa pula dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Ya, pasalnya tanaman serai wangi ini mengandung zat-zat.

sumber bacaan: Facebook Alhikmahjkt, bacaan inspirasi


EmoticonEmoticon