Tips Mencari Lokasi Virus

Sesuai janji saya teman-teman, sekarang yuk kita simak bagaimana sih tipsnya mencari lokasi virus, sepanjang pengalaman saya, kita dapat menggunakan tools/program yaitu Autoruns yang merupakan bagian dari tools SysInternalsSuit, temen-temen bisa baca selengkapnya  dilink ini https://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb842062.aspx

Untuk melakukan pengecekan, buka program Autoruns, kemudian pilih tab logon. Daftar yang ditampilkan merupakan file-file atau program yang berjalan bersama Windows ketika kita mengaktifkan komputer. Nah, jika ada file-file yang aneh atau tidak penting bisa di nonaktifkan dengan menghilangkan tanda cek list.

Berikut ini adalah daftar program aplikasi yang dimiliki windows dan sebaikanya tetap dibiarkan

1. rdpclip
2. userinit
3. explorer
4. ctfmon

Tetapi kita juga harus tetap hati-hati, karena ada beberapa virus yang menyerupai nama di atas, maka kita harus benar-benar mengkoscek secara cermat dan cepat.

Sebenarnya virus bisa masuk dimana saja, karena kita tidak pernah tahu kapan virus itu menempel di komputer kita dan dimana tempatnya,,,tentu dengan tools di atas bisa dijadikan bahan kehati-hatian kita untuk mencermati perilaku komputer kita.

Di zaman yang serba canggih saat ini, bahkan antivirus sudah mulai gencar untuk memberikan solusi kepada user dalam hal proteksi dan mengobati komputer yang terkena virus, bahkan kita bisa melihat rootnya dimana virus berada dengan melakukan scanning virus dengan antivirus.

Untuk itu juga penulis menyarankan untuk user menggunakan antivirus yang capable mencegah dan melawan virus yang bertebaran di dunia maya terutama pada komputer kita dan tools penyimpanan data yang kita miliki.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat.

salam ngeblog..!



EmoticonEmoticon