Cara Praktis Konfigurasi Task Virus Scan

Tidak bosan dengan dunia antivirus, karena hal ini adalah masalah yang utama dalam dunia informasi, oleh sebab itu tak bosan penulis memposting tentang antivirus yang kali ini terfokus pada Kaspersky Anti Virus, semoga postingan ini bermanfaat...

Berikut ini langkah –langkah untuk konfigurasi virus scan

1. Buka console Kaspersky Security Center, dan pada console tersebut terdapat menu “Managed Computers”, pada panel sebelah kanan terdapat terdapat 4 buah tab, pilih tab “Task”. Dan pada tab tersebut ada pilihan “Virus Scan”.

2. Lakukan click kanan pada task “Virus Scan.

3. Dan setelah itu akan ada form “Properties : Virus Scan”, dan pada form tersebut terdapat 6 menu yang terdapat pada panel sebelah kiri. Dan yang perlu di perhatikan pada task virus scan ini adalah schedule dan Properties.

Pertama kita akan melakukan konfigurasi untuk schedule virus scan, pilih menu schedule dan pada panel sebelah kanan akan ada menu untuk pengturan waktu scan, kami merekomendasikan hanya 1 kali dalam 1 minggu. Danberikut saya contohkan saya mengatur scan setiap hari jumat dan mulai pada jam 11.00 AM. Dan jika sudah pilih apply

Dan kedua kita akan melakukan konfigurasi untuk Properties, pada menu properties ini berfungsi bagaimana Kaspersky melakukan scan terhadap semua file yang terdapat pada client computer, objek mana saja menjadi scope scan ,action apa yang akan dilakukan jika Kaspersky mendeteksi virus pada computer client.

Pada pengaturan “Security Setting” kita harus mengatur bagaimana Kaspersky melakukan scan terhadap data yang terdapat di dalam local komputer masing –masing client dengan cara pilih “setting”, dan setelah itu akan ada form costum scan, pada form tersebut terdapat pilihan scan optimization , berikan tanda check pada “Scan only new and changed files”. Jika sudah pilih ok. 

Pada pengaturan berikutnya kita akan mengatur objek yang akan di scan oleh Kaspersky, pada form “Properties” tedapat  “Object to scan” click menu setting yang terdapat di bawahnya, dan secara default Kaspersky hanya melakuna quick scan bukan deep scan, maka kita harus tambahkan  “All Hard Drives” dan jika sudah pilih ok.

4. Dan yang terakhir kita akan melakukan  pengaturan action apa yang akan dilakukan kaspersky jika ketikan scan medeteksi virus. Pilih “Perform action : Disinfect, Delete if disinfection fails. Dan jika sudah pilih Aplly dan ok.


























EmoticonEmoticon