Tentang Security Blackberry Z3


Hampir setahun menggunakan blackberry Z3, konon kabarnya HP smartphone ini terkenal dengan Blackberry Jakarta yang dibuat di China. Karena ingin tahu lebih dalam tentang Blackberry Z3, akhirnya saya memutuskan untuk membeli bekas yang di bandrol seharga 1 juta.

Kelebihan blackberry Z3 salah satunya adalah dapat menjalankan beberapa aplikasi android seperti waze, whatsapp android, dll. Secara umum smartphone ini cukup canggih dengan di bekali kamera belakang led focus dan depan serta security nya untuk keamanan device dan data.

Sesuai dengan judul diatas, saya akan membahas sekelumit Security Blackberry Z3. Ada banyak fitur yang dapat kita gunakan, diantaranya:

1. Application Permissions
Fitur ini mengatur permissions pada aplikasi yang sudah terinstall di smartphone Blackberry Z3, apakah akan menampilkan lokasi, apakah filenya akan di share, atau akan menampilkan calender dll.

2. Device Password
Fitur ini digunakan untuk mengatur akses pada perangkat, kita dapat membuat password untuk keamanan perangkat yang hanya dapat diakses oleh user.

3. Lock Screen
Fitur ini dihadirkan untuk mengunci layar secara otomatis, selain itu dapat ditambahkan pesan saat layar akan terkunci.

4. SIM Card
Fitur ini digunakan untuk mengamankan akses sim card, kita dapat membuat PIN sebagai akses keamanan kartu yang kita gunakan.

5. Smart Card
Fitur canggih ini terdapat LED Activity Indicator, PIN Chacing, NFC Smart Card Support, selain itu kita dapat melakukan import certificates. Pada Smart Card ini juga menambahkan fitur Smart Card Reader yang diantaranya, Blackberry Smart Card Reader, Media Card Reader.

6. Encryption
Fitur Encryption ini memberikan keamanan pada personal data dan file.

7. Parental Control
Fitur in dapat memanage pemakaian aplikasi dan akses kontrol.

8. Diagnostic
Fitur ini dapat mendiagnosa penggunaan data internet atau lainnya, contoh apabila batteray smartphone performancenya melemah atau sering kita sebut lowbet, maka dia akan mendiagnosa dan memberikan informasi bahwa batteray lemah dan akan melakukan pemutusan data internet.

9. Security Wipe
Fitur ini biasa digunakan untuk mendelete data secara keseluruhan, file, aplikasi. Di android biasa biasa disebut hard reset, dilakukan jika kita akan melakukan instal ulang OS Balckberry.

10. Certificiates
Memanage sertifikat public dan private keys.

11. LDAP Server
LDAP adalah singkatan dari Lightweight Directory Access Protocol. LDAP adalah suatu bentuk protokol client-server yang digunakan untuk mengakses suatu directory service. Berfungsi untuk mengamankan email.

12. SSL/TLS
Fitur ini digunakan untuk meningkatkan level keamanan protokol yang digunakan aplikasi dan situs web.

13. PGP Keys
PGP (Pretty Good Privacy) Keys digunakan untuk melindungi pengiriman pesan.

14. Development Mode
Mode ini memungkinkan kita untuk menginstal dan menjalankan aplikasi jarak jauh. Jika kita tidak ingin melakukan penambahan aplikasi atau upgrade aplikasi, maka cukup matikan development mode untuk keamanan. Jika perangkat di reboot, development mode akan disable secara otomatis.

15. Blackberry Software Logging Tool
Fitur ini mempunyai kegunaan untuk menyimpan aktifitas dari Blackberry kita, jadi jika suatu saat Blackberry  kita error, kemudian kita save logging nya lalu kita kirim ke blackberry care, akan ketahuan dimana masalahnya setelah di cek oleh teknisi blackberry.

Demikianlah sekilas lintas fitur security blackberry Z3. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon