Cara Mengatasi Virus Locky


Berbicara tentang ransomware dan sejenisnya yang tranding topic dalam pervirusan Indonesia dan jagad raya saat ini adalah LOCKY dan di bulan agustus 2016 muncul varian baru Zepto Ransomware, yang aksinya sama dengan Virus LOCKY, oleh karena itu selalu lebih baik untuk mengamankan diri sendiri sebelum Anda terserang. Tidak peduli seberapa penuh perhatian dan kewaspadaan pengguna komputer, Anda masih bisa ditipu oleh penjahat cyber, karena mereka cenderung untuk menyebarkan malware sebagai Trojan Horse.
Penyebaran malware ini dapat ditemukan melalui email spam, berupa document dan sejenisnya, selayaknya virus yang kita ketahui selalu menyamarkan diri untuk mencapai misinya.
Dengan kata lain, malware datang sebagai file yang aman dan benar-benar terinfeksi. Sangat disarankan untuk secara teratur membuat salinan cadangan data Anda dan menyimpannya pada hard drive eksternal.
Sayangnya, Locky dan sejenisnya adalah virus, yang dapat mengunci file pribadi selamanya, dan satu-satunya metode yang bekerja 100% untuk memulihkan file adalah mengimpor mereka dari drive eksternal.
Namun, Anda harus benar-benar menghilangkan Locky malware sebelum Anda melakukannya, Anda dapat menggunakan Kaspersky Anti-Ransomware tool atau Reimage atau program anti-spyware yang sah lainnya .
Seperti yang telah kita kemukakan sebelumnya, ia juga dapat mengenkripsi catatan yang disimpan pada drive eksternal yang terhubung ke perangkat terinfeksi.
Jika Anda tidak memiliki salinan file pada drive eksternal, Anda memiliki tiga pilihan yang tersisa:
  1. Anda dapat mencoba menggunakan salah satu alat: Kaspersky virus-fighting, https://noransom.kaspersky.com/,  utilities, Photorec atau R-Studio; namun tools ini tidak menjamin 100% data kembali, mungkin membantu untuk mendekripsi setidaknya beberapa file.
  1. Anda bisa menunggu sampai seseorang menciptakan alat dekripsi Locky (ini mungkin memakan waktu cukup lama).
  2. Opsi terakhir adalah dengan membayar uang tebusan, tapi kami tidak merekomendasikan melakukannya. Tidak mengherankan, tidak ada jaminan bahwa penjahat cyber akan memberikan kunci dekripsi untuk Anda. Terlebih lagi, dengan cara ini, Anda akan mendukung penjahat cyber untuk lebih berinovasi dalam melakukan kejahatannya.
Bagaimana dengan Antivirus Kaspersky?
Kaspersky sebagai salah satu antivirus teratas dalam jajarannya, tentu sudah melakukan analisa dan actions dalam membasmi virus ini, seperti pemaparan diatas Kaspersky telah menciptakan tools untuk mendecrypt data yang terencrypt. Namun sangat disarankan untuk seluruh user ATU tetap waspada dan berhati-hati.
Sebelum Anda mencoba untuk menghapus ransomware Locky dan varian sejenisnya, silahkan baca informasi yang diberikan di bawan ini.
Perhatikan bahwa Locky dan sejenisnya adalah virus yang sangat berbahaya dan tegap, yang menyebarkan komponen berbahaya ke seluruh komputer Anda. Menjadi hal yang sangat penting untuk menghapus semua file yang dimiliki malware Locky. Jika tidak, maka sisa-sisa file tersebut akan meningkatkan kerentanan komputer Anda untuk ancaman komputer lain atau bahkan men-download mereka. Silakan memilih metode penghapusan manual hanya jika Anda adalah seorang pengguna komputer yang handal. Jika tidak, kami sangat menyarankan untuk memilih opsi penghapusan otomatis dengan tools yang telah dipaparkan diatas.


EmoticonEmoticon